Advertised

Apa itu Introvert ?



Apa itu Introvert ? Bagaimana Orang Introvert ? Ciri ?


Siang ini dikantor ada RUPS luar biasa.. alhasil pada makan rame-rame. Situasi makan saat itu ada yg ngobrol tiada henti, ada yang sibuk makan bareng-bareng. Ada pula yg mojok sendirian, duduk tenang, melempar pandangan ke kanan-kiri.
Kira-kira yg terakhir itu sifatnya gimana ya? Penyendiri? Mungkin instilah lebih kerennya introvert.
Malam ini saya coba bahas ttg introvert, sifat yg dlm paradigma org banyak sulit bergaul, penyendiri, dll. Namun sebenarnya introvert juga senang bergaul.
Apa yg kita bayangkan saat mendengar kata introvert? Apa mungkin seorang yg pemalu, penyendiri, dll? Jika ada, maka pendapat tsb tidak salah. Namun juga tidak sepenuhnya betul. Lalu apa sebenarnya introvert itu? Introvert tentu lawan dr ekstrovert, sebenarnya keduanya ialah prefensi jenis kenyamanan seseorang.
Introvert bersifat: Energized by the inner world, inward, quiet, thinks and may act, values depth of experience. Sedang Ekstrovert: Energozed by the outer world, outgoing, talkative, acts first think later, values breadth of experience. Sederhananya introvert adalah orang yg berorientasi ke’dalam’ diri sendiri. Mereka tertarik pada dunia ide, pemikiran, konsep.
Maka orang introvert lebih senang dengan kondisi tenang, agar nyaman digunakan u/ berpikir. ‘Sumber energi mental’ mereka didapatkan dari menyendiri. Terkadang sosial menganggap introvert sbg org yg anti-sosial. Walau suka menyendiri, sebenarnya tipe introvert juga suka berbagi kepada org lain. Namun tipe org introvert akan pilih-pilih kepada siapa ia akan berbagi. Maka beruntung jika org introvert memilihmu dalam berbagi ide. Artinya ia telah nyaman dengan anda, prilakunya ke anda bisa sangat berbeda dgn org lain yg baru diketahui. introvert
Introvert bukanlah anti-sosial. Penelitian terakhir menunjukkan bahwa introvert adlh org yg memberikan pengaruh besar. Mereka (introvert) mempunyai kemampuan mengambil keputusan, memelihara hubungan awet (karena pilih-pilih teman), memancarkan rasa tenang ke sekitar.
Sekitar 40 karyawan di level eksekutif, penulis, seniman masyur, penemu menunjukka karakter introvert yg kuat. Beberapa diantaranya ialah JK. Rowling (penulis Harry Potter), A. Einstein (bapak ilmu pengetahuan), Bill Gates (Microsoft), dll. introvert
Pasty Rodenburg, penulis buku: How to Use Positive Energi in Every Situation, mengatakan karakter introvert ini menguntungkan pesohor tersebut. Aktor, artis-artis terkenal seringkali dikira senang tampil atau memamerkan diri, padahal tidak begitu. “Banyak klien saya yg introvert menggunakan bakat mereka u/ menganalisa diri, u/ menambah kedalaman & integritas karakter yg mereka perankan.”, ujar Pasty.
Menurut uji kepribadian Myers-Briggs Type Indicator, pada dasarnya semua orang memiliki sisi introvert maupun extrovert. Namun dalam diri seseorang salah satu sifat pasti mendominasi. Ketika lingkungan terlalu ekstrovert, maka introvert akan menarik diri.
Dilingkungan kerja introvert lebih senang bekerja sendiri, paling maksimal bekerja dalam kelompok kecil. Karena bagi mereka, kuantitas teman kerja/ kerabat tidaklah penting. Yang terpenting ialah kualitas ‘kedalaman’ partner.
Seseorang yg introvert lebih setia dengan partner kerjanya, apalgi partner hidup. Walau cenderung sulit memiliki ruang gerak di dunia kerja, karena dunia sekarang lebih memihak ke orang-orang ekstrovert.
Di sekolah anak-anak yg aktif dianggap lebih berprestasi dibanding yg cenderung diam. Namun Susan Cain, penulis “Quiet: The Power of Introverts in a World That Can’t Stop Talking” berpendapat lain. Orang-orang introvert menurutnya ialah org2 yg dapat membawa perubahan dunia. Videonya bisa dilihat disini >> http://bit.ly/Zzl3Wi
Beberapa tips bagi para introvert dalam dunia kantor: Bekerja dalam kelompok kecil, dekati rekan kerja satu-persatu. Saat pesentasi persiapkan materi yg akan dibahas baik anda pembawa presentasi maupun penyimak. Dengan begitu anda akan terlihat banyak terlibat dalam presentasi maupun berbagai meeting lainnya. introvert
Begitulah sedikit sharing tentang introvert dari saya. Memang orang introvert seperti saya juga sulit untuk berbaur dengan orang lain. Perlu memaksa diri dalam berbicara pada forum-forum.
Namun keuntungannya, kita para introvert senang menyendiri & bisa menganalisa apa saja yg kita perlukan dalam keadaan-keadaan tersebut.
Jangan ‘minder’ jadi org introvert, karena jika dunia tahu isi pikiranmu, engkau bisa jadi solusi bersama. :”)

Best Regards,
sangterasing
Share this article :
Share on fb Tweet Share on G+

Penulis : Fachrudin Isnaeni Lokasi: Kalitengah, Lamongan

Judul Artikel : Apa itu Introvert ?,
ditulis oleh : Fachrudin Isnaeni
pada : Selasa, 10 September 2013.

"Terimakasih telah berkunjung ke blog saya, semoga artikel ini bermanfaat!
Artikel ini dipatenkan di www.myfreecopyright.com, Saya memperbolehkan mempublis ulang (copas) atau mengutip artikel ini tentang: Apa itu Introvert ?, Namun sertakan link balik/sumber.
Terima Kasih dan salam Blogger!"
Comments
2 Comments

2 komentar:

  1. Waahhhh unik juga zzz.. heheheheh siiippp
    http://biankgalau.blogspot.com/ promosi mas blog baru :)

    BalasHapus

Advertised